Mengetahui Sifat Cowok Dari Bangun Tidurnya

Yuk Share Ke Yang Lain

Aura Psikologi – Alarm yang dinyalain untuk bangun pagi ternyata punya magis loh untuk mengetahui karakter cowok. Kita bisa mengetahui ┬ákarakternya dari bagaimana reaksi cowok saat alarm berbunyi pada hari senin sampai jumat. Apakah mematikan alarm lalu tidur kembali? Apakah langsung bangun tidur lalu melakukan aktifitas pagi hari? Apakah mematikan alarm dan berbaring sesaat di tempat tidur sebelum meninggalkan tempat tidur?

Cowok berdasarkan reaksi dibangunkan alarm dibedakan tiga tipe, berikut ketiga tipe :

Mematikan Alarm Lalu Tidur Kembali

Cowok yang biasanya mendengar alarm lalu tidur kembali,cowok itu punya semangat dan motivasi hidup yang rendah dalam menjalani kehidupan. Seringnya pagi hari dia malas memulai hari. Rendahnya semangat dan motivasi nggak Cuma pada saat pagi hari saja, dia sering menunda-nunda pekerjaan, apa yang mau dikerjakan pun entah selesainya kapan. Cowok tipe ini orang yang kebal dengan kata-kata motivasi, apapun kata-kata motivasi yang disampaikan tetap saja masuk telinga kiri.

Tidur lagi setelah alarm berbunyi, salah satu sebabnya dia nggak mematuhi jadwal waktu tidur atau sama sekali tidak punya jadwal tidur yang cukup. Ini bukan karena mengerjakan sesuatu yang berguna seperti mengurusi usaha sampingan, belajar bahasa asing, ataupun hanya sekedar memperbaiki instalasi listrik rumah. Melainkan lebih memilih menonton televisi, main games, chatting, browsing yang nggak jelas, maupun menelepon yang tak ada tujuan yang jelas.

Cowok tipe pertama ini merupakan orang yang memiliki skor yang rendah pada trait High Energy Euphoria-Low Energy Depression. Cowok yang mematikan alarm dan terbaring selama mungkin masih dapat merasa beruntung, pasalnya ada pria yang lebih parah lagi. Masih banyak yang bisa dinina-bobokan oleh bunyi alarm, hingga orang lain yang berada didekat kamarnya malah yang terbangun.

Langsung Beraktifitas Setelah Alarm Berbunyi

Cowok tipe kedua adalah saat alarm berbunyi dia langsung bangun lalu mengerjakan aktifitas pagi hari, walaupun aktifitasnya hanya merapihkan tempat tidur, menggambil air putih, mengaca, atau membuka jendela. Cowok ini punya semangat dan motivasi yang besar untuk menjalani kehidupan. Kecendrungannya pada pagi hari diwarnai dengan perasaan tak sabar untuk menjalankan rutinitas, walaupun yang dikerjakan siang harinya nggak jauh berbeda dengan hari-hari yang lalu. Mental cowok seperti ini tahan banting, setiap menghadapi masalah semangatnya nggak mudah jatuh, dia punya motivasi sendiri untuk menyelesaikan masalah.

Dengan semangat dan antusias yang besar, dirinya memiliki daya tahan yang kuat terhadap stress atas pekerjaannya, karena semangatnya yg besar mengalahkan hal strees. Para pria tipe kedua, masing-masing mempunyai sebab berbeda-beda yang membuat dirinya meiliki semangat dan antusias yang besar. Bisa berasal dari berbagai hal, ingin membantu orang tua secara finansial, keinginan yang besar untuk mendapatkan kehidupan lebih baik, keinginan untuk mengalahkan seseorang di dalam hidupnya seperti kakaknya, benar-benar mencintai pekerjaannya sendiri, dan lain-lain.

Semangatnya bukan angin-anginan. Semangat dan antusiasnya relatif setabil, bukan yang minggu ini kelebihan semagat dan minggu depannya lagi semanganya kosong. Kelebihan antusiasnya tidak begitu saja berkurang begitu saja karena hal sepele, kena marah atasan tidak begitu saja menyurutkan semangat. Namun semangatnya bisa memudar saat mengalami masalah sulit dan rumit. Memudarnya semangat dia dapat mengembalikanny seperti semula lebih cepat dibandingkan dengan cowok pada umumnya.

Semakin besar semangat dan antusias, maka semakin cepat dia bangun dari tempat tidur saat alarm berbunyi. Pria yang mempunyai antusias yang paling besar diantara pria yang lain adalah pria yang bangun tidurnya mendahului jam alarm yang dia pasang sendiri.

Cowok tipe kedua nggak terpengaruh dengan kurangnya tidur ataupun terbiasa tidur hingga larut malam, saat alarm berbunyi maka tak lama lagi bergegas dari tempat tidur. Kekurangan waktu tidur membuat dirinya memiliki hutang tidur pada dirinya sendiri, dan biasanya dibayar pada hari minggu maupun hari libur. Cowok tipe kedua ini memiliki skor yang tinggi pada High Energy Euphoria-Low Energy Depression.

Mematikan Alarm Dan Berbaring Sesaat

Cowok yang mendengar alarm lalu bangun dan berbaring beberapa saat adalah cowok pada umumnya dibandingkan dua tipe tadi. Pria ini punya semangat yang nggak nggak banyak dan nggak sedikit. Jika dia kekurangan ataupun kelebihan antusias, itu karena ada momen-momen tertentu yang membuat semangatnya naik-turun.

Pola Tidur

Kebiasaan pola tidur cowok berbeda satu sama lainnya, ada yang terbiasa tidur teratur sekitar jam 10 malam dan ada juga ada yang tidur hingga larut malam padahal sudah diperingati oleh raja dangdut Rhoma Irama di syair lagu begadang. Jika cowok yang biasa tidur dengan jam teratur namun sekali-sekali begadang maka ada yang berbeda dari reaksi bangun tidur saat alarm berbunyi karena adanya perubahan pola. Namun reaksi mendengar alarm sangat kecil hubungannya dengan kebiasaan tidur larut malam. Kebiasaan pola tidur yang kurang setiap harinya sangat erat hubungannya dengan kesehatan, efektifitas kerja, dan nilai yang didapat di kampus.

Sebagai gambaran jika kita berlibur ke tempat yang selama ini diidamkan dan berangkat pada siang pagi hari, maka saat bunyi alarm kita pun langsung bergegas dari tempat tidur. Dilain cerita, jika kita kena masalah di kantor dan kena marah oleh atasan, atau bermasalah dengan dosen dan mendapatkan ceramah selama 30 menit. Keesokannya saat kita dibangunkan alarm dengan rasa malas yang luar biasa dan berat untuk beranjak dari tempat tidur.

Dari dua kejadian itu kita bangun tidur dengan cara yang berbeda dari pada hari-hari biasa. Dari gambaran tersebut terlintas ada kaitannya kenapa ada yang langsung bangun setelah mendengar bunyi alarm dan kenapa ada yang masih tetap berada di tempat tidur dan malas beranjak dari kasur.

Reaksi mendengar alarm di pagi hari erat hubungannya dengan semangat dan antusias dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Karena bangun pagi merupakan langkah awal untuk menjalani hari itu dan juga menggambarkan bagaimana menyikapi hari. Psikolog Raimond B. Cattel mengkonsepkan trait High Energy Euphoria-Low Energy Depression untuk mengukur semangat dan antusias dalam hidup. Trait ini bisa menjadi patokan untuk melihat karakteristik para pria dinilai dari saat mendengar bunyi alarm.

Kekuatan magis alarm hampir sama dengan buku-buku pelajaran bagi anak-anak sekolah. Kekuatan magis buku pelajaran sangat terasa oleh para pelajar saat dekat dengan ujian. Bagi para pelajar yang hendak ujian, melihat buku pelajaran saja reaksinya bisa berbeda-beda. Apakah buku itu akan dibaca? Apakah akan mengantuk hanya melihat buku pelajaran saja? Atau muncul pikiran untuk melakukan hal yang lain seperti bermain?

Penulis : Brigita Margaretha dan Elly

Foto : gettyimages

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *